Nelayan Sulawesi Zaman Dulu Sudah Berlayar Hingga ke Australia

Waktu Membaca:50 Detik

Cerita Bersamboeng Berdasarkan catatan pelaut Matthew Flinder, seorang navigator Inggris yang pernah berlayar ke sebelah utara Australia pada tahun 1803, ternyata orang Nusantara di masa lampau sudah pernah berlayar hingga ke Australia.

Orang Nusantara yang dimaksud oleh Flinder adalah kawanan pelaut yang berasal dari Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat (17/02/2023).

Masih menurut catatan Flinder, bahwa para pelaut tersebut kerap berlayar hingga ke Australia karena perairan sebelah utara Australia kaya akan teripang. Sesudah berhasil mengumpulkan teripang dalam jumlah yang cukup, mereka akan kembali ke Makassar.

Teripang menjadi komoditas yang banyak dicari oleh pelaut Makassar saat berada di Australia. Pasalnya teripang banyak dicari oleh para pedagang asal China. Teripang banyak digunakan oleh penduduk China sebagai bahan obat tradisional yang berharga mahal.

Selama berada di Australia, para pelaut Makassar juga giat menjalin kontak dengan suku Aborigin, penduduk asli Australia. Tidak jarang pelaut Makassar meminta bantuan orang Aborigin untuk mencarikan teripang di dasar laut. (red)

Sumber :

https://historia.id/kuno/articles/berburu-teripang-ke-negeri-kanguru-PzKO6/page/1

Baca Juga   Dokter Temukan Koin, Baterai, Sampai Baut Ditubuh Pasien Ini, Kok Bisa?