NASIONAL – Angkasa Pura II, selaku pengelola Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, saat ini tengah melakukan persiapan untuk kedatangan para tamu delegasi yang akan menghadiri giat Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke 43.
Ya, Indonesia menjadi tuan rumah Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-43 yang akan digelar di Jakarta Convention Center (JCC), pada Selasa (5/9/2023) hingga Kamis (7/9/2023) mendatang.
Sebanyak 26 negara yang merupakan anggota ASEAN dan beberapa negara undangan akan datang ke Tanah Air.
“Bandara Soekarno-Hatta menjadi tempat atau pusat kedatangan members atau anggota ASEAN dari berbagai negara, oleh karena itu kami siap untuk mensukseskan pelaksanaan KTT ASEAN ke-43,” ungkap Senior Manager Branch Communication & Legal Bandara Soekarno-Hatta, M Holik Muardi kepada awak media, Rabu (30/8/2023) kemarin.
Menurutnya, beragam fasilitas di Bandara Soekarno-Hatta telah ditingkatkan menjadi lebih baik guna menyambut kedatangan kepala dan delegasi dari berbagai negara.
Mulai dari memperbarui fasilitas pada Gedung VIP, hingga menyediakan jalur khusus diarea Terminal 3 Kedatangan Internasional Bandara Soekarno-Hatta.
Pasalnya, kepala ataupun pemimpin negara nantinya akan disambut kedatangannya dengan menghadirkan upacara penyambutan di gedung VIP.
Sedangkan, lanjut dia, untuk area Terminal 3 Kedatangan Internasional Bandara Soetta, akan dilalui oleh delegasi dari berbagai negara yang akan turut menghadiri KTT ASEAN 2023.
“Kami tengah mengupgrade fasilitas yang ada di Bandara Soetta, terutama di Gedung VIP, karena nantinya kepala atau pimpinan negara akan melewati Gedung VIP saat tiba dan nantinya akan dilakukan seremonial saat penyambutan,” kata dia.
“Selain itu, kami juga menyediakan jalur di Terminal 3 Internasional, karena beberapa delegasi negara non VIP itu akan keluar dari sini ataupun terminal CHP (ruang tunggu komersil),” sambungnya.
Guna memaksimalkan pelayanan khusus tersebut, AP II juga akan berkoordinasi dengan Imigrasi dan Beacukai Bandara Soetta untuk mempercepat jalur kedatangan.
Nantinya, pada Terminal 3 Internasional Bandara Soetta akan disediakan layanan ‘help desk’ untuk memudahkan delegasi yang datang dapat segera dilakukan penjemputan.
“Kami juga berkoordinasi dengan Imigrasi dan Beacukai, supaya dilakukan fast track untuk memudahkan para delegasi mulai tiba sampai dijemput panitia. Sampai saat ini kami masih terus mengupgrade fasilitas yang tersedia dan progresnya sudah berjalan sekira 70 sampai 80 persen,” pungkasnya. (gar/red) http://katanya.co.id